BSPS, Program Bedah Rumah ala Kementerian PUPR

maiwanews – Sebagai wujud kepedulian sosial, Kementerian PUPR mempunyai program bedah rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Dalam program ini, bantuan diberikan tidak berbentuk uang tunai melainkan berupa bahan-bahan bangunan. Demikian cuitan @KemenPU Rabu 26 Agustus dalam akun Twitternya.

Pada program bernama Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) ini, pembangunan rumah dilakukan oleh masyarakat sekitar secara gotong-royong. Pekerja atau tukang, dapat diberikan upah jika diperlukan, sehingga penerima bantuan tidak terbebani untuk mengeluarkan biaya untuk upah kerja tukang.

Dalam keterangannya dijelaskan bahwa ada dua kategori pada program BSPS, kategori pertama adalah Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS). Pada kategori ini dilakukan kegiatan memperbaiki rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Kategori kedua adalah Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS) layak huni.

Program BSPS ini dapat diperoleh dengan memastikan terlebih dahulu bahwa bupati/walikota dengan tembusan gubernur setempat mengusulkan lokasi pelaksanaan BSPS kepada Menteri PUPR. Hal ini perlu dilakukan mengingat pelaksanaan Program BSPS menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (KemenPUPR)