Bulog Keluarkan Kebijakan Satu Harga untuk Gula di Seluruh Indonesia

maiwanews – Bulog mengeluarkan kebijakan satu harga untuk gula di seluruh Indonesia. Budi Waseso Jum’at 15 Mei menegaskan pihaknya juga mengajak pedagang pasar untuk bekerjasama mensukseskan program ini agar dapat berjalan efektif. Kebijakan satu harga diambil guna memastikan ketersediaan dan agar tidak ada gejolak harga.

“Saya sudah instruksikan seluruh jajaran Bulog di seluruh Indonesia bahwa kita akan memberikan harga gula senilai Rp11.000,-/kg ke pedagang”. Demikian disampaikan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), Budi Waseso usai memantau kegiatan stabilisasi harga di Pasar Jatinegara Jakarta Timur hari ini.

Ia menambahkan, pedagang akan menjual maksimal seharga Harga Eceren Tertinggi (HET) yaitu Rp12.500.-/kg ke konsumen.

Sejak menjelang Ramadhan hingga saat ini harga gula pasir di tingkat konsumen mencapai Rp19.000,-/kg. Untuk itu perlu intervensi masif dari pemerintah agar bisa kembali ke HET Rp12.500,-/kg.

Setiap pedagang kata Budi nanti akan diminta membuat surat pernyataannya untuk menjual dengan harga maksimal Rp12.500,-/kg. Jika melanggar akan laporkan ke Satgas Pangan.

Terkain stok beras, dikatakan di seluruh wilayah kerja Perum Bulog hingga saat ini mencapai 1,4 juta ton.

“Perum Bulog juga terus melakukan pengadaan dalam negeri berupa gabah dan beras dari petani yang saat ini sedang panen raya dan hingga pertengahan Mei ini serapan Bulog sudah mencapai 290.000 ton”, ungkap Budi. (Kominfo)