China akan Berlakukan Pembatasan Visa Bagi Pejabat AS

20220401-wang-wenbin-31des2020
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin. 31 Desember 2020.

maiwanews – Pemerintah China mengumumkan rencana pembatasan visa bagi pejabat Amerika Serikat. Kebijakan ini sebagai balasan atas perlakuan serupa oleh Amrika Serikat terhadap pejabat China.

Pengumuman itu disampaikan juru bicara aKemenlu (Kementerian Luar Negeri) China, Wang Wenbin, Kamis (31/03/2022). Namun ia tidak merinci aturan itu akan berdampak pada siapa saja pejabat AS (Amerika Serikat).

Bulan Maret lalu, Menlu AS Antony Blinken mengumumkan pemberlakuan aturan pembatasan visa terhadap sejumlah pejabat China. Para pejabat itu dinilai terlibat dalam aksi penindasan terhadap minoritas etnis dan agama di negeri berjuluk Tirai Bambu itu.

Wenbin mengatakan, Amerika Serikat berbohong terkait pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) oleh pemerintah Tiongkok. Washington dikatakana menggunakan HAM sebagai alasan dalam melakukan kebohongan. Hal itu dilakukan sebagai alasan mencampuri urusan dalam negeri China.

Menurut Wenbin, tindakan itu melanggar hukum internasional, tidak memiliki dasar moral, dan tidak sesuai dengan norma dasar hubungan internasional. (z)