COVID-19: China Serahkan Bantuan Kemanusiaan

maiwanews – Pemerintah China menyerahkan bantuan kemanusiaan penanganan COVID-19. Bantuan berupa alkes tersebut telah tiba di Indonesia dan diserahkan secara simbolis di Graha BNPB Jumat 5 Juni. Bantuan dikirim secara bertahap dan telah tiba di Indonesia melalui enam kali penerbangan pada awal Mei dan Juni 2020.

Penyerahan bantuan secara simbolis hari ini dilakukan oleh Duta Besar (Dubes) China (Repiblik Rakyat Tiongkok (RRT) H.E. Xiao Qian dan diterima oleh perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTTPC19) yaitu Harmensyah, selaku Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Turut mendampingi Harmensyah yaitu wakil Kementerian Luar Negeri, Direktur Asia Timur dan Pasifik, Santo Darmosumarto.

Dalam sambutannya Dubes Xiao mengatakan virus tidak mengenal batas negara, pandemi tidak membedakan ras. Kedua negara dikatakan telah berupaya secara bersama-sama dan saling dukung dalam menghadapi krisis kesehatan ini. Kerjasama kedua negara disebut sebagai bukti persahabatan dan solidaritas.

Melalui sambungan telepon, Presiden China Xi Jinping telah menyampaikan keapda Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa negerinya siap memberi bantuan dan dukungan dalam upaya mengatasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), demikian keterangan Dubes Xiao.

Bantuan alat kesehatan (alkes) dari China kali ini berupa 100.000 unit alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR), 70.000 buah baju Alat Pelindung Diri (APD), 70.000 masker N95, dan 1,3 juta masker bedah.

Harmensyah dalam kesempatan serah terima itu menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah RRT. Ia juga menyampaikan ras bangga dan berterima kasih pada pemerintah RRT. Tahun 2020 ini merupakan momentum peringatan 70 hubungan diplomatik Indonesia-China.

Sejak Maret 2020 hingga awal Juni 2020 telah diterima bantuan yakni 50 unit ventilator portabel, 150.008 tes kit PCR, 80.000 masker medis, 1.4 juta masker bedah dan 80.000 baju APD dengan nilai Rp7,8 milyar. Bantuan tersebut akan didistribusikan ke rumah sakit dan pusat kesehatan.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan berupa alkes kepada Tiongkok. Bantuan dikirimkan langsung ke kota Wuhan awal Februari 2020 saat pelaksanaan evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI). (DTPPC19)