COVID-19 Jakarta, 4.355 Positif, 562 Sembuh

maiwanews – 4.355 positif korona, 562 dinyatakan sembuh, dan 400 orang meninggal dunia. Perkembangan terkini Sabtu 2 Mei disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani dalam pernyataan pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

(Ilustrasi: TheDigitalArtist)

Sebanyak 2.089 dikatakan masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan 1.304 orang melakukan self isolation (mengisolasi diri) di rumah. 1.411 orang masih menunggu hasil laboratorium. Lebih lanjut Fifi menjelaskan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 1.357 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 6.970 orang (6.753 sudah selesai dipantau dan 217 masih dipantau) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 5.799 orang (4.805 sudah pulang dari perawatan dan 994 masih dirawat).

Rapid test masih terus dilakukan di enam wilayah Kota/Kabupaten Administrasi DKI Jakarta dan Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP). Total sebanyak 79.680 orang telah menjalani rapid test, 3.044 orang atau sekitar 4% dinyatakan positif korona, 76.636 lainnya dinyatakan negatif.

Terhadap masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga telah memberikan layanan kesehatan jiwa (mental) dan dapat mengakses layanan konsultasi online melalui aplikasi sahabat jiwa (berbasis website) pada situs sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id.

Pemprov DKI Jakarta juga menyampaikan apresiasi atas bantuan dan kolaborasi berbagai pihak dalam menangani pandemi COVID-19. Sampai dengan hari Jum’at tanggal 1 Mei 2020, terdapat total 134 kolaborator telah berpartisipasi, mereka berasal dari Lembaga Usaha, LSM/OMS, Badan PBB, Universitas, Kementerian dan setingkat Kementerian, dan perorangan.

Jika masyarakat ingin berkolaborasi, dukungan  berupa Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, dan disinfektan, dapat langsung disampaikan ke Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Balai Kota, Blok G Lantai 2 atau melalui kanal jdcn.jakarta.go.id.

Selain itu Pemprov DKI Jakarta juga membuka kesempatan untuk masyarakat berbagi dengan sesama dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB di bulan Ramadan ini. Masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai. 

Pemprov DKI Jakarta bermitra dengan penyalur bantuan resmi, yaitu Palang Merah DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap. (Pemprov Jakarta)

BERITA LAINNYA

.