COVID-19, Pemerintah Terus Berupaya Tingkatkan Kesembuhan

maiwanews – Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah senantiasa bekerja keras meningkatkan angka kesembuhan, sekaligus berupaya menurunkan angka kematian akibat COVID-19. Hal itu disampaikan saat memberi pengantar pada Rapat Terbatas secara daring di Istana Merdeka Jakarta Senin 14 September.

Rapat Terbatas (Ratas) tersebut membahas Laporan Komite Penanganan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

Pada 13 September rata-rata kasus aktif mencapai 25,02 persen, angka ini sedikit lebih tinggi dibanding rata-rata kasus aktif dunia yaitu sebanyak 24,78 persen. Adapun tingkat sembuh sebanyak 155.010 kasus, ini sedikit lebih rendah dari rata-rata kesembuhan dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah terus mengejar rata-rata kesembuhan global. Pemerintah juga terus bekerja keras menurunkan angka kematian. Rata-rata kematian di Indonesia menurun dari 4,49 persen bulan lalu menjadi 3,99 persen, sedangkan angka kematian dunia rata-rata 3,18 persen.

4 Provinsi memiliki tingkat kematian di atas 6 persen, pemerintah pusat memberikan dukungan penuh ke sana sehingga bisa menurunkan angka kematian. Keempat provinsi itu adalah Provinsi Bengkulu, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. (Setkab/TGH/EN)