Daftar 19 Negara yang Boleh Masuk Indonesia, Khusus Bali dan Kepri

20210809-luhut-binsar-pandjaitan
maiwanews – Menyusul semakin menurunnya kasus covid-19, pemerintah meutuskan, turis dari sejumlah negara kini diperbolehkan masuk Indonesia khususnya Bali dan Kepulauan Riau (Kepri).

Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tren kasus Covid-19 di Indonesia kian membaik, bahkan index recovery rate dinilai paling tinggi se Asia Tenggara.

Luhut menjelaskan negara-negara yang diperbolehkan masuk di Indonesia khususnya Bali dan Kepri sebanyak 19 negara yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Menurut Luhut, pemberian izin kepada 19 negara tersebut dilakukan dengan pertimbangan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena angka kasus terkonfirmasi COVID-19nya berada pada level 1 dan 2, dengan angka positivity rate yg rendah.

“Negera-negara tersebut dipilih sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena angka kasus terkonfirmasi COVID-19nya berada pada level 1 dan 2, dengan angka positivity rate yg rendah,” ucap Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021).

Adapun syarat perjalanan kata dia, para turis diwajibkan melampirkan bukti vaksin COVID-19 dua dosis minimal 14 hari sebelum keberangkatan yang dibuat dalam bahasa Inggris serta melampirkan hasil tes COVID-19 PCR negatif yang dibuat paling lama 3×24 jam sebelumnya.