Dampak Sanksi AS, Produksi Chip Huawei akan Dihentikan

maiwanews – Perusahaan telekomunikasi raksasa asal China, Huawei, akan menghentikan produksi chip bulan depan. Seorang eksekutif perusahaan itu mengatakan penghentian produksi akibat para kontraktor dilarang menggunakan teknologi manufaktur Amerika Serikat.

Huawei Technologies Co. Ltd kehabisan cip prosesor untuk membuat telepon seluler (ponsel) pintar. Ini merupakan dampak dari sanksi Amerika Serikat (AS) di tengah memanasnya hubungan bilateral Amerika dengan China.

Amerika Serikat telah memebuat beberapa kebijakan terkait China, salah satunya hari Kamis 16 Juli lalu Washington memberlakukan pembatasan visa terhadap karyawan tertentu dari beberapa perusahaan China, termsuk Huawei.

Huawei berada di tengah meningkatnya ketegangan hubungan antara AS-China terkait teknologi dan keamanan. Pihak Huawei membantah tuduhan-tuduhan Amerika bahwa perusahaannya mungkin memfasilitasi spionase China dan merupakan risiko keamanan.

Amerika Serikat memutus akses Huawei terhadap komponen-komponen AS dan teknologi lain tahun lalu. Gedung Putih memperketat kontrol itu pada bulan Mei dengan melarang vendor-vendor di seluruh dunia menggunakan teknologi Amerika untuk membuat cip atau komponen lain untuk Huawei. (VoA/vm/ft/my/jm)