Dephan AS-Kemenhan Korsel Gelar Dialog Pertahanan Terpadu

20210928-ilustrasi-bendera-as-korsel
Ilustrasi bendera AS dan Korsel.

maiwanews – Para pejabat Dephan AS (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) dan Kemenhan Korsel (Kementerian Pertahanan Korea Selatan) menggelar pertemuan Korea-AS ke-20 dalam ajang Dialog Pertahanan Terpadu (Integrated Defense Dialogue/KIDD). Demikian laporan Dephan AS (Department of Defense/DoD) Selasa 28 September.

Dialog berlangsung selama 2 haru sejak Senin 27 hingga Selasa 28 September di Seoul, Korsel (Republik of Korea/ROK). Delegasi Korsel dipimpin Deputi Menteri Kebijakan Pertahanan Nasional (DEPMIN) Kim Man-gi. Sementara delegasi AS dipimpin Wakil Asisten Menteri Pertahanan (DASD) untuk Asia Timur Dr Siddharth Mohandas.

Selama dialog, delegasi kedua negara menegaskan kembali tujuan bersama untuk mencapai denuklirisasi lengkap, dan perdamaian permanen di Semenanjung Korea. Kedua negara berjanji bahwa pasukan gabungan AS dan ROK akan tetap siap untuk membela ROK. Kedua balah pihak mengakui tahun ketiga Perjanjian Militer Komprehensif antar-Korea

Kedua negara membahas peluncuran rudal Korea Utara (Korut) baru-baru ini. Di tengah ketegangan dengan Korut (Democratic People’s Republic of Korea/DPRK), masing-masing pihak setuju untuk mengeksplorasi peningkatan pada postur pertahanan Aliansi untuk memperhitungkan ancaman segala arah. Kedua pemimpin menggarisbawahi pentingnya diplomasi dan dimulainya kembali dialog untuk mengatasi perubahan ini.

AS dan ROK menilai bahwa KIDD ke-20 menegaskan kembali ikatan erat dalam Aliansi, memperkuat koordinasi Aliansi, dan memperkuat postur pertahanan gabungan AS-ROK. Berdasarkan hasil ini, kedua belah pihak berjanji untuk melanjutkan upaya untuk mencapai kemajuan berarti di SCM ke-53 di Seoul Republik Korea pada akhir tahun 2021. (Z/DoD)