Deplu AS Tawarkan Hadiah 1 Juta Dolar untuk Info Soal Penyelundup Manusia

20210901-ned-price
Juru bicara Deplu AS Ned Price berbicara kepada media di kantor Deplu. Washington, D.C., Rabu 1 September 2021.

maiwanews – Juru bicara Deplu AS (Departemen Luar Negeri Amrika Serikat) Ned Price Kamis 14 Oktober mengumumkan hadiah bagi terduga pelaku penyelundup manusia, Abid Ali Kahn. Ia diduga mengoperasikan jaringan penyelundupan berbasis di Pakistan. Jaringan ini memfasilitasi perjalanan orang-orang tidak berdokumen ke Amerika Serikat dari Timur Tengah dan Asia Barat Daya dengan imbalan pembayaran.

Ada dua jenis hadiah ditawarkan, pertama adalah, untuk informasi mengarah pada penangkapan dan/atau hukuman terhadap terdunga, akan mendapat hadiah hingga $1 juta. Sedangkan hadiah hingga $1 juta dolar lainnya diberikan untuk informasi mengarah pada gangguan keuangan jaringan penyelundupan manusia oleh Ali Khan.

Hadiah ini ditawarkan di bawah Program Hadiah Kejahatan Terorganisir Transnasional (Transnational Organized Crime Rewards Program/TOCRP) Deplu AS. Lebih dari 75 penjahat transnasional dan pengedar narkoba utama telah dibawa ke pengadilan di bawah TOCRP dan Program Hadiah Narkotika (Narcotics Rewards Program/NRP) sejak 1986. Untuk itu Deplu membayar lebih dari $135 juta hadiah hingga saat ini.

Ali Khan diduga selain merencanakan dan mengoordinasikan perjalanan internasional dari Pakistan melalui beberapa negara, ia juga diduga menawarkan atau memberikan dokumen palsu kepada warga negara asing untuk digunakan dalam perjalanan.

Penyelundupan manusia ke Amerika Serikat biasanya melalui perjalanan berbahaya melalui Amerika Selatan dan Tengah. Perjalanan ini ditempuh dengan berjalan selama berhari-hari melalui medan sulit dengan sedikit makanan atau air. Banyak orang menjadi korban perampokan dan atau tindak kejahatan lain selama perjalanan. (z)