Di Pusdiklatpassus, Jokowi Resmikan Komponen Cadangan Bentukan Prabowo

maiwanews – Untuk meresmikan Komponen Cadangan (Komcad) tahun anggaran 2021 yang diinisiasi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat, Kamis (7/10/2021).

Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021 (Komcad TA 2021) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi sejumlah pejabat negara seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Marsda M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Siaran pers Kementerian Pertahanan menyebutkan, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara yang seluruh peserta upacara terdiri dari siswa Komponen Cadangan yang selama tiga bulan telah dilatih dalam karantina tanpa interaksi dengan pihak luar.

Seperti diketahui, ide pembentukan Komponen cadangan (Komcad) dilontarkan oleh Menhan Prabowo Subianto. Kemenhan kemudian memulai seleksi penerimaan Komcad matra darat pada Juni 2021 yang selanjutnya mengikuti pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan hingga September 2021.

Pendidikan dan pelatihan awalnya dilaksanakan di Pulau Jawa dengan alokasi sebanyak 2.500 orang peserta yang dilaksanakan di Rindam-Rindam yang ada di Pulau Jawa, yaitu Rindam Jaya/Jayakarta, Rindam III/Siliwangi, Rindam IV/Diponegoro, dan Rindam V/Brawijaya.

Komcad adalah program sukarela yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Mobilisasi komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI dan di bawah kendali Panglima TNI.