Diamankan Indonesia, Iran Upayakan Pembebasan Tanker

maiwanews – Teheran sedang melanjutkan upaya pembebasan kapal tanker minyak Iran, tanker itu diamankan di perairan Indonesia pada Januari, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran, Saeed Khatibzadeh.

Dalam pernyataannya Sabtu 10 April, ia mengatakan bahwa konsultasi sedang dilakukan untuk pembebasan kapal tanker minyak Iran MT Horse.

“Kasus ini sedang diproses dengan menggunakan pengacara dan melalui proses hukum, dan akan berlanjut hingga hasil akhir tercapai”, katanya. Ia menambahkan penyelidikan ekstensif menunjukkan bahwa kapal tanker minyak berbendera Iran itu tidak melakukan pelanggaran apa pun.

Saeed Khatibzadeh menjelasan pihak berwenang Indonesia, diharapkan segera menindaklanjuti penyelesaian masalah tersebut.

Penjaga pantai Indonesia menyita MT Horse berbendera Iran dan kapal MT Freya berbendera Panama atas dugaan transfer minyak ilegal di perairan negara itu pada 24 Januari.

Juru bicara penjaga pantai Indonesia mengklaim kedua kapal tanker itu menyembunyikan identitas mereka dengan tidak menunjukkan bendera nasional mereka, mematikan sistem identifikasi otomatis, dan tidak menanggapi panggilan radio. (Tasnim)