Dilarang Mudik, Menhub Imbau Tetap di Rumah

maiwanews – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Rabu 7 April menegaskan pemerintah akan menegakkan kebijakan larangan mudik dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menindaklanjuti kebijakan tersebut.

Dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Menhub budi Karnya mengatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menetapkan mudik dilarang mulai tanggal 6 sampai 17 Mei.

Sebelumnya, kegiatan mudik atau pulang kampung di masa libur disusul lonjakan kasus aktif COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Pada Januari 2021 usai libur natal dan tahun baru terjadi kenaikan jumlah korban meninggal dari tenaga kesehatan (nakes) sebanyak lebih dari 100 orang.

Sebagai langkah menegakkan aturan mengenai larangan mudik, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Polisi dan Korlantas untuk transportasi darat. Petugas berwenang hanya akan memberikan izin jika masuk dalam pengecualian larangan mudik.

Menhub Budi Karya menegaskan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah melarang mudik. Menhub Budi Karya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja, tidak perlu mudik. (BPMI Setpres)