Dinas Perindustrian Sulsel Beri Bantuan Alat Produksi Kopi ke IKM di Maros

biji-kopi
Biji kkopi.

maiwanews – Di Hotel Grand Town Mandai, Maros, Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel mengadakan kegiatan Pendampingan Pengembangan SDM Industri Diversifikasi Pengolahan Kopi. Kegiatan ini diikuti para pelaku wirausaha Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Maros. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12 Oktober sampai 14 Oktober 2021. Program ini merupakan upaya pemerintah Sulsel untuk memberdayakan potensi lokal.

Dalam kegiatan ini dilakukan juga pendampingan untuk kegiatan penyusunan, penerapan dan evaluasi rencana pembangunan industri. Pada kesempatan itu sekaligus dilakukan penyerahan bantuan satu unit alat produksi kopi yang diperuntukan untuk Sentra IKM Bentenge Mallawa dari Dinas Perindustrian Prov. Sulsel.

Acara dibuka Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil, pada hari Selasa 12 Oktober. Dia menjelaskan bahwa pendampingan ini atas arahan dan bimbingan Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, untuk mendorong SDM bagi pekerja industri.

Ahmad menjelaskan, dengan adanya pendampingan dan bantuan alat maka diharapkan para pelaku industri dapat memproduksi bubuk kopi dalam jumlah besar. Hasil produksi nanti bukan hanya dipasarkan di kabupaten tetapi untuk memenuhi pasar secara regional juga.

Ahmad menambahkan, agar para pelaku industri kopi bisa membuat produk lainnya, seperti parfum dari kopi dan produk kesehatan yang berdasar bahan kopi, selain produksi bubuk kopi. Bantuan alat produksi kopi bukan hanya di kabupaten maros tetapi akan diberikan juga ke kabupaten Bone dan Kabupaten Jeneponto.

Pendamping IKM Kopi Bentenge Khas Mallawa, Aswadi Hamid, mengucapkan terima kasih kepada Plt. Gubernur Sulsel atas dukungan dan bantuannya kepada kelompok binaan, dengan diberikannya bantuan alat olahan yang dipaket komplit dengan pendampingan peningkatan SDM. (FL)