Disbud Makassar Gelar Festival Gerakan Cinta Budaya 2021

20211118-festival-budaya-makassar
Festival Gerakan Cinta Budaya 2021.

maiwanews – Upaya Kota Makassar untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Makassar, Pemerintah Kota melalui Dinas Kebudayaan Kota Makassar menggelar Festival Gerakan Cinta Budaya 2021.

Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan Makassar, Andi Herfida Attas menyebutkan, salah satu bentuk melestarikan budaya Makassar, dengan  cinta budaya dimulai dari anak-anak dan dilanjutkan dengan pembinaan di sekolah.

“Pembinaan terhadap anak sekolah, sanggar seni sekolah dan non sekolah.” ujar Herfida, di museum Kota Makassar, Kamis (18/11/2021).

Fida sapaan akrab Andi Herfida Attas mengatakan, pandemi COVID-19 tak menghambat pergerakan dan pelestarian budaya bagi para pelaku seni. Kegiatan ini dapat menggairahkan kembali pariwisata dan pelaku seni agar terus berkarya.

Ia menerangkan, dengan ikutnya seluruh pelaku seni di Kota Makassar membuat budaya seni kembali bergairah, setelah sempat pelaku seni ikut tertidur dimasa pandemi ini.

Sejumlah siswa di kegiatan ini memperlihatkan kemampuannya seperti menari kolosal Bugis Makassar, menari adat, penampilan menyanyi hingga menampilkan musik tradisional dari gendang dan kecapi.

Ditempat yang sama, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Makassar, Rusmayani Madjid, mengapresiasi sekaligus meminta gerakan cinta budaya terus digalakkan Pemerintah Kota Makassar.

“Atas nama Pemerintah Kota Makassar mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ibu Fida selaku Kepala Dinas Kebudayaan atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujar Rusmayani Madjid. (i)