Dishub DKI: Bus Transjakarta di Pul Pinang Ranti Tidak Mangkrak

maiwanews – Puluhan bus Transjakarta yang terparkir di sebuah pul kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur (Jaktim), masih tetap beroperasi dan tidak mangkrak.

“Jadi tidak mangkrak,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2022).

Hal itu dikatakan Syafrin membantah pernyataan pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan menuding bahwa setidaknya ada 60 unit bus jenis low entry dengan merek Mercedes Benz dan Scania, mangkrak di pul Pinang Ranti.

Syafrin menjelaskan, layanan bus Transjakarta menerapkan sistem pelayanan saat jam sibuk dan tidak sibuk. Ketika jam sibuk misalnya kata dia, saat pagi hari hingga pukul 10.00 WIB, semua bus dioperasionalkan.

Sedangkan pada jam tidak sibuk misalnya di atas pukul 10.00 WIB ujarnya, bus akan ditarik ke pul. Sedangkan pada siang hari yakni saat mulai masuk jam puncak siang ataupun jam puncak sore, dioperasionalkan kembali.

Syafrin menegaskan, tidak tepat narasi dalam foto menunjukkan puluhan bus berwarna oranye terparkir di pul dan viral di media sosial (medsos), khususnya Twitter yang menyebut bus tersebut mangkrak.

Meski begitu sambung dia, pihaknya akan tetap akan melakukan evaluasi terhadap semua moda transportasi, tidak hanya bus Transjakarta.