Ditengahi AS, Lebanon Israel Bahas Perbatasan Maritim

maiwanews – Lebanon dan Israel Selasa 4 April melanjutkan pembahasan mengenai sengketa perbatasan maritim kedua negara. Pembicaraan tidak langsung itu ditengahi oleh Amerika Serikat (AS). Duta Besar (Dubes) AS John Desrocher akan bertindak sebagai mediator.

Dubes Desrocher tiba di Beirut Lebanon hari Senin malam. Media lokal memberitakan negosiasi batas laut Lebanon dan Israel dilakukan di sebuah pos PBB di kawasan Ras Naqoura Lebanon. Dalam pertemuan itu delegasi Lebanon akan menyampaikan pandangan melalui pejabat PBB dan AS ke pejabat Israel.

Sejak akhir 2019 Lebanon mengalami krisis ekonomi dan keuangan akibat korupsi dan pertikaian politik. Lebanon sangat perlu segera menyelesaikan sengketa perbatasan dengan Israel untuk membuka jalan bagi kesepakatan minyak dan gas.

Selama sekitar 10 tahun Amerika Serikat bertindak sebagai penengah bagi kedua negara. Namun baru pada akhir tahun lalu tercapai terobosan kerangka kerja pembicaraan.

Lebanon dan Israel berada dalam keadaan perang dan tidak memiliki hubungan diplomatik. Kedua negara mengklaim sekitar 860 kilometer persegi Laut Tengah sebagai wilayah zona ekonomi eksklusif. (VOA)