Dubes Qatar untuk AS tidak Keberatan Normalisasi Hubungan dengan Israel

maiwanews – Setelah Uni Emirat Arab dan Bahrain, kini Qatar membuka peluang normalisasi hubungan bilateral dengan Israel. Duta Besar Qatar untuk Amerika Serikat Sheikh Meshal Bin Hamad Al-Thani dalam sebuah pernyataan Selasa 15 September.

Pernyataan Duta Besar (Dubes) Sheikh Meshal disampaikan saat Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain secara resmi menormalisasi hubungan dengan Israel, seremoni penandatanganan dilakukan pada Selasa 15 September, Amerika Serikat (AS) menjadi mediator atas normalisasi tersebut.

Dubes Sheikh Meshal menilai hubungan dengan Israel bisa dinormalisasi jika kondisinya tepat dan dilandasi komitmen pada solusi dua negara antara Palestina dan Israel. Jika persyaratan terpenuhi, tidak ada alasan bagi Qatar untuk tidak melakukan normalisasi hubungan bilateral dengan Israel.

Qatar merupakan bagian dari Inisiatif Perdamaian Arab (Arab Peace Initiative), inisiatif ini ditengahi Arab Saudi dan didukung Liga Arab pada tahun 2002. Tujuannya mengakhiri konflik Palestina dengan Israel.

Gerakan ini menawarkan normalisasi hubungan dengan Israel serta keamanan bagi semua negara di kawasan. Imbalannya, penarikan penuh Israel dari tanah yang direbut sejak 1976 dan kesepakatan status Palestina sebagai sebuah negara. (VOA/mg/pp)