Ebrahim Raeisi Unggul pada Penghitungan Suara Pilpres Iran

maiwanews – Seyed Ebrahim Raeisi unggul dalam pemilihan presiden setelah penghitungan telah dilakukan terhadap 90 persen suara. Ia mendapat lebih dari 17,8 juta dan menjadikannya presiden Iran ke-8. Demikian juru bicara Kantor Pusat Pemilihan Iran Sabtu 19 Juni.

Dia mengatakan 90 persen surat suara telah dihitung hingga sekitar pukul 11.00 waktu setempat, jumlah suara lebih dari 28.600.000. Di antara empat kandidat, Seyed Ebrahim Raeisi telah mengumpulkan jumlah suara tertinggi dengan lebih dari 17.800.000 suara.

Raisi, 60 tahun, saat ini menjabat sebagai Kepala Kehakiman Iran. Ia kalah dari Hassan Rouhani dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun 2017 lalu.

Kandidat lain, Mohsen Rezaee, berada di urutan kedua dengan mengumpulkan lebih dari 3,3 juta suara, Abdolnasser Hemmati di urutan ketiga dengan lebih dari 2,4 juta suara, dan Seyed Amir Hossein Qazizadeh Hashemi sekitar 1 juta suara, demikian penjelasan juru bicara tersebut.

Pilpres Iran kali ini diikuti oleh 4 kandidiat setelah sebelumnya 3 kandidat lain mengundurkan diri. Saeed Jalili mengundurkan diri hari Rabu 16 Juni, sebelumnya Mohsen Mehralizadeh dan Alireza Zakani telah lebih dulu menarik diri dari kontestasi pilpres Iran ke-13 tersebut. (z/TasnimNEws)