Ekonomi China dapat Menyusul AS pada Tahun 2030

20070520-shanghai-china
Kota Shanghai China. Minggu 20 Mei 2007.

maiwanews – Analis memprediksi ekonomi China akan semakin mengandalkan investasi negara, pengembangan teknologi tinggi dan konsumsi domestik, dengan lebih sedikit pemasukan dari pokok manufaktur ekspor, seiring perkembangannya menyusul ekonomi Amerika Serikat dalam dekade mendatang.

Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Centre for Economics and Business Research/CEBR) Rabu 5 Januari dalam rilisnya memperkirakan Produk Domestik Bruto (PDB) China tumbuh 5,7 persen per tahun hingga 2025 dan 4,7 persen setiap tahun hingga 2030. Ekonomi China berpotensi menyalip posisi Amerika Serikat (AS) di urutan teratas pada tahun 2030, saat ini negeri berjuluk Tirai Bambu itu berada di posisi kedua ekonomi terbesar dunia.

Selama dekade terakhir, para pemimpin China telah mendorong untuk lebih mengandalkan layanan bernilai tambah dibandingkan ekspor pabrik tradisional, kata media pemerintah. Sementara tekanan pada industri manufaktur China meningkat akibat perselisihan perdagangan China-AS dan penutupan tempat kerja awal 2020 karena COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Para ekonom memperkirakan pemerintah negara dengan pertumbuhan ekonomi pesat selama 20 tahun terakhir akan mengambil lebih banyak kontrol atas sektor-sektor utama setelah melakukan intervensi dalam beberapa, termasuk Internet, pada tahun 2021.

Ekonomi Amerika Serikat akan terus tumbuh tetapi tanpa semburan hingga 2030. China memiliki basis insinyur besar, meskipun kurang kreativitas untuk menumbuhkan ide-ide untuk mendorong pengembangan teknologi baru, kata Douglas Mcwilliams, pendiri dan wakil eksekutif CEBR.

Status Sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia tidak otomatis memberikan keuntungan dibanding negara lain, kata para ekonom. “Tetapi ketika Anda punya lebih banyak uang untuk dibelanjakan, Anda memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sesuatu, dan Cina akan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sesuatu”, ungkap Mcwilliam. (CEBR/z)