Emrus Ungkap Strategi Antisipasi 3 Klaster COVID-19

maiwanews – Pengamat Komunikasi Politik sekaligus Direktur EmrusCorner, Emrus Sihombing mengungkap strategi mengantisipasi penyebaran COVID-19 di tiga klaster. Ketiga klaster itu adalah kantor, keluarga, dan pilkada.

Menurut Emrus dalam pernyataannya Senin 7 September malam, upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) akan efektif jika diramu dalam sebuah strategi berisi empat kegiatan. Keempatnya harus dilakukan pemerintah bersama-bersama dengan masyatakat secara simultan.

Pertama, kampanye komunikasi kesehatan terkait korona dengan dikelola dalam suatu manajemen komunikasi berskala nasional hingga pada tingkat keluarga sebagai unit terkecil. Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat sehingga patuh pada protokol kesehatan.

Kegiatan kedua terkait sanksi sosial jika ada pihak mengabaikan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Ketiga, semua gubernur menerbitkan aturan tentang sanksi tegas terhadap tindakan abai akan protokol kesehatan. Sanksi tersebut misalnya denda seratus juta rupiah. Bisa juga sanksinya berupa karantina selama satu bulan di dalam kamar rumah masing-masing di bawah pengawasan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kempat, khusus klaster pemilihan kepala daerah (pilkada), perlu ada kesepakatan antara partai politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk melarang kampanye terbuka dan kumpulan masa serta kerumunan.

Emrus menjelaskan, jika empat hal tersebut tidak terpenuhi, akan sulit menghindari munculnya tiga klaster penyebaran kasus COVID-19. (Emrus)