Erdogan Tegaskan Semua Anggota FETO Harus Diadili

Presiden Erdogan berpidato pada peringatan Hari Demokrasi dan Persatuan Nasional. Ankara Turki, Kamis 15 Juli 2021.

maiwanews – Presiden Truki Recep Tayyip Erdogan menegaskan semua anggota FETO harus diadili. “Kami akan melanjutkan perjuangan kami sampai anggota FETO terakhir diadili”, ungkap Presiden Erdogan dalam pidatonya pada peringatan Hari Demokrasi dan Persatuan Nasional sekaligus upacara pembukaan Museum Demokrasi di Ankara Turki Kamis 15 juli.

Rakyat Turki dikatakan tidak memaafkan pengkhianatan, atau pengkhianat, atau pendukung pengkhianat. Karena itu semua anggota FETO (Organisasi Teroris Fetullah) harus dinetralisir, dibawa ke pengadilan, dan berhenti menjadi beban bagi negara dan bangsa.

FETO merupakan sebutan pemerintah Turki terhadap Gerakan Gulen pimpinan Fethullah Gulen. Presiden Erdogan mengklaim gerakan itu sebagai teroris pada Mei 2016. Ia juga menuding Gulen memimpin upaya kudeta pada 15 Juli 2016.

Pada apidatonya Presiden Erdogan berharap rahmat Allah serta terima kasih kepada 251 martir pada malam 15 Juli 2016 saat upaya kudeta dilakukan. Ia menegaskan rakyat Turki tidak akan pernah melupakan pengkhianatan terhadap negara dan bangsa. (z/Kantor Kepresidenan Turki)