Fahira Ungkap Resep Jakarta Raih Penghargaan Bidang Transportasi

Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkan resep bagaimana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan “Sustainable Transport Award (STA) 2021”. Penghargaan itu diraih atas program integrasi antar moda transportasi publik. Program integrasi ini mengalahkan kota-kota besar lainnya seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo.

Tidak berhenti sampai di situ, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih penghargaan sebagai salah satu dari “21 Heroes 2021” Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Terobosan-terobosan Gubernur Anies bidan transportasi publik dinilai berorientasi masa depan.

Menurut Fahira, selama kurun waktu tiga tahun terakhir terjadi transformasi mobilitas kota secara signifikan. Hal itu karena peningkatan mutu transportasi publik di Jakarta. Berbagai inovasi dilakukan seperti perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda. Kebijaka-kebijakan Gubernur Anies dikatakan membuat masyarakat meresa nyaman untuk menggunakan transportsi umum atau bersepeda, bahkan berjalan kaki.

Dalam pernyataannya di Senayan Jakarta Senin 8 februari, Fahira menyebut paradigma pembangunan transportasi dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda, dan transportasi publik dibanding kendaraan pribadi sudah seharusnya dilakukan oleh pemerintah kota-kota besar seperti Jakarta..

“Pembangunan transportasi publik bukan hanya sebagai bentuk pelayanan pemerintah agar aktivitas warga kota lebih mudah dan berkualitas, tetapi juga dijadikan strategi untuk mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan produktivitas kota tersebut”, ungkap Fahira dalam pernyataannya. (Fahira Idris)