Fase Uji Coba Sputnik V, Putra Presiden Venezuela Siap Divaksin

maiwanews – Vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) Sputnik V telah tiba di Venezuela dan segera memasuki fase uji coba. Presiden Venezuela Nicolas Maduro Minggu 4 Oktober mengatakan putranya, Nicolas Ernesto Maduro Guerra, akan ikut dalam proses uji coba vaksin asal Rusia itu.

Sputnik V (5) tiba di Venezuela sejak Jumat 2 Oktober lalu, 2000 orang akan berpartisipasi pada fase uji coba. Selain Nicolas Ernesto, saudara kandung perempuan Presiden Maduro juga memutuskan untuk menjadi relawan dalam uji coba.

Sebuah laporan menyebutkna hingga Sabtu 3 Oktober Venezuela dengan penduduk 30 juta jiwa, ada 77.646 kasus COVID-19 dan 649 kematian.

Rusia mengklaim menjadi pertama di dunia secara resmi menyetujui vaksin baru COVID-19. Pengumuman itu disampaikan
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan dengan para menterinya Selasa 11 Agustus silam.

Presiden Putin mengatakan vaksin milik Rusia bekerja efektif dan membentuk imunitas secara stabil. Vaksin ini dikembangkan oleh Gamaleya Institute, Moskow.

Vaksin diberi nama Sputnik V sebagai bentuk penghormatan terhadap satelit buatan manusia pertama dunia era Uni Soviet, diluncurkan oleh Uni Soviet tahun 1957.

Sputnik V saat ini telah memasuki Fase 3, yaitu uji coba pada manusia. Moskow mengklaim 40.000 lebih relawan telah disuntik. (VOA/vm/ft)