FBI Tahan 6 Terduga Percobaan Penculikan Gubernur Michigan

maiwanews – Pengacara Amerika Serikat Andrew Birge mengumumkan Kamis 8 Oktober bahwa enam pria telah ditangkap dan didakwa secara federal karena berkonspirasi untuk menculik Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer. Menurut pengaduan Selasa 6 Oktober 2020, Adam Fox, Barry Croft, Ty Garbin, Kaleb Franks, Daniel Harris dan Brandon Caserta bersekongkol untuk menculik Gubernur dari rumah peristirahatannya di Distrik Barat Michigan.

Di bawah hukum federal, masing-masing menghadapi ancaman hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah. Fox, Garbin, Franks, Harris, dan Caserta adalah penduduk Michigan, sedangkan Croft adalah penduduk Delaware.

Pengacara AS Birge mengatakan bahwa “Penegak hukum federal dan negara bagian berkomitmen untuk bekerja sama untuk memastikan ekstremis brutal tidak pernah berhasil dengan rencana mereka, terutama ketika mereka menargetkan para pemimpin terpilih kita”.

Pengaduan federal dalam kasus ini menyebut bahwa FBI (Federal Bureau of Investigation) memulai penyelidikan awal tahun ini. Penyelidikan dimulai setelah mendapat informasi melalui media sosial bahwa sekelompok individu sedang membahas penggulingan kekerasan beberapa komponen pemerintah dan penegakan hukum. Melalui sumber rahasia, agen menyamar, dan rekaman rahasia, penegak hukum mengetahui bahwa individu tertentu berencana untuk menculik gubernur dan bertindak untuk melanjutkan rencana itu.

Kelompok ini menggunakan langkah-langkah keamanan operasional, termasuk berkomunikasi dengan platform pengiriman pesan terenkripsi dan menggunakan kata-kata dan frase kode dalam upaya untuk menghindari deteksi oleh penegak hukum. Dalam dua kesempatan, anggota terduga pelaku persekongkolan melakukan pengawasan terkoordinasi di rumah peristirahatan gubernur.

“Para ekstremis yang diduga melakukan komplotan untuk menculik seorang gubernur yang sedang duduk”, kata Asisten Agen Khusus Josh P. Hauxhurst. Ia menambahkan, “setiap kali ekstremis bergerak ke ranah perencanaan aksi kekerasan, Satuan Tugas Terorisme Gabungan FBI siap untuk mengidentifikasi, mengganggu dan membongkar operasi mereka, mencegah mereka untuk menindaklanjuti rencana tersebut”. (U.S. Department of Justice)