Filipina Berencana Beli Sistem Misil dari India

maiwanwes – Filipina berencana memperkuat militernya dengan membeli sistem pertahanan dari India. Menteri Pertahanan negara itu mengkonfirmasi bahwa kesepakatan kedua negara telah memasuki tahap finalisasi.

Dikatakan bahwa kesepakatan itu mencakup pembelian sistem misil anti kapal untuk Angkatan Laut Filipina dari India senilai $375 juta atau sekitar Rp5,36 triliun.

Program pembelian sistem pertahanan misil anti kapal merupakan program modernisasi perangkat militer Filipina karena dinilai sudah ketinggalan zaman. Beberapa peralatan perang akan diremajakan termasuk kapal perang era Peranga Dunia II dan helikopter masa Perang Vietnam.

Program peremajaan peralatan militer Filipina dijadwalkan berlangsung selama lima tahun. Secara keseluruhan, program modernisasi peralatan militer Filipina membutuhkan anggaran biaya sekitar 300 miliar peso atau Rp83,67 triliun.

Dalam kesepakatan kedua negara, India akan mengirimkan tiga unit baterai, tenaga operator dan pemelihara kereta api, serta menyediakan dukungan logistik. Demikian disampaikan Menhan (Menteri Pertahanan) Filipina Delfin Lorenzana dalam unggahan di Facebook hari Jumat (14/01/2022). (VOA/z)