Finlandia dan Swedia Serahkan Surat Pendaftaran NATO

20220518-kirikekanan-klaus-korhonen-jens-stoltenberg-axel-wernhoff
Sekjen NATO Jens Stoltenberg (tengah) menerima surat permintaan resmi untuk bergabung dengan NATO dari Dubes Finlandia terakredisati di NATO Klaus Korhonen (kiri) dan Dubes Swedia terakreditasi NATO Axel Wernhoff. Selasa, 17 Mei 2022.

maiwanews – Finlandia dan Swedia menyerahkan surat permintaan resmi mereka untuk bergabung dengan NATO. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menerima surat aplikasi keanggotaan di markas besar aliansi di Brussels.

Surat diserahkan hari Rabu pagi (18/05/2022) waktu setempat oleh Dubes (Duta Besar) Finlandia untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) Klaus Korhonen dan Dubes Swedia untuk NATO Axel Wernhoff.

Sekjen (Sekretaris Jenderal) NATO Jens Stoltenberg dalam pidatonya pada acara itu mengatakan bahwa momen itu merupakan hari baik pada saat kondisi keamanan sedang kritis. Setiap bangsa memiliki hak untuk memilih jalan sendiri. Finlandia dan Swedia telah membuat pilihan setelah proses demokrasi menyeluruh.

Stoltenberg menyatakan dengan hangat menyambut permintaan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Kedua negara Nordik ini disebut sebagai mitra terdekat NATO. Keanggotaan mereka di NATO akan meningkatkan keamanan bersama aliansi.

Aplikasi keanggotaan NATO oleh Swedia dan Finlandia dinilai Stoltenberg sebagai langkah bersejarah. “Sekutu sekarang akan mempertimbangkan langkah selanjutnya di jalan Anda ke NATO”, ungkap Stoltenberg.

Menurut Stoltenberg, kepentingan keamanan semua sekutu harus diperhitungkan. NATO bertekad untuk mengatasi semua masalah dan mencapai kesimpulan dengan cepat. Selama beberapa hari terakhir, NATO telah melihat banyak pernyataan oleh sekutu untuk keamanan Finlandia dan Swedia.

NATO sudah waspada di wilayah Laut Baltik, dan pasukan NATO serta sekutu akan terus beradaptasi sebagaimana diperlukan. Semua sekutu sepakat tentang pentingnya pembesaran NATO. Semua anggota setuju bahwa harus berdiri bersama. “Dan kita semua sepakat bahwa ini adalah momen bersejarah”, kata Stoltenberg. Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa senang. (hiu)