Gabon Jadi Tuan Rumah Pekan Iklim Afrika 2022

20220615-tangan-dan-bola-dunia
Tangan dan bola dunia, ilustrasi seruan selamatkan bumi dari kerusakan lingkungan.

maiwanews – Gabon akan menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Iklim Afrika 2022. Kegiatan peduli lingkungan ini rencananya digelar di Kota Libreville mulai 29 Agustus hingga 1 September.

Pekan Iklim Afrika (Africa Climate Week/ACW) adalah platform bagi para pemangku kepentingan untuk mendiskusikan solusi aksi iklim regional dan menjalin kemitraan regional. Ini juga merupakan langkah penting dalam perjalanan menuju Konferensi Perubahan Iklim PBB COP27 di Mesir pada bulan November.

ACW 2022 akan mempertemukan pemangku kepentingan untuk kolaborasi regional, membuka ruang untuk mengatasi risiko bersama, dan meraih peluang bersama. Demikian pernyataan UNCC (United Nations Climate Change) hari Rabu (15/06/2022).

Kerja sama antara pemerintah, pemimpin sektor swasta, organisasi pembangunan, pemuda, dan masyarakat sipil dapat menemukan landasan bersama dan bertindak dengan tujuan sama. Pekan Iklim juga akan menampilkan Pusat Aksi untuk berbagi tindakan saat ini dalam upaya mengurangi dampak iklim dan membangun komunitas tangguh.

Wakil Sekretaris Eksekutif Perubahan Iklim PBB Ovais Sarmad mengatakan: “Tahun lalu, lebih dari 12.000 pemangku kepentingan berkolaborasi di tiga Pekan Iklim Regional virtual. Bersama-sama, kami menjalin kemitraan, memperkuat rencana aksi iklim nasional, dan membangun momentum menuju hasil kuat di COP26. Ini menempatkan potensi kuat dari kolaborasi regional dalam sorotan”.

“Perubahan iklim tetap bagi kita semua sebagai keadaan darurat global, mempengaruhi setiap negara dan konstituen. Ini adalah tantangan kolektif terbesar kami”, ungkap Tanguy Gahouma, Penasihat Khusus Presiden Gabon dan Sekretaris Tetap Dewan Iklim Nasional.

Tanguy Gahouma menyampaikan, Bagi Gabon, Pekan Iklim Afrika merupakan kesempatan untuk lebih memajukan implementasi Pakta Iklim Glasgow dan Perjanjian Paris dan memposisikan negara-negara Afrika sebagai pemimpin dalam respons global terhadap perubahan iklim. (z)