Ganja Legal, Meksiko Jadi Pasar Narkoba Terbesar Dunia

maiwanews – Meksiko berencana melegalkan ganja untuk penggunaan rekreasi bagi orang dewasa. Awal Maret 2021 majelis rendah Kongres negara Amerika Latin itu meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) legalisasi. Saat ini menunggu Senat menyetujui kebijakan serupa.

Jika Senat Meksiko menyetujui RUU sebelum akhir April, maka penggunaan ganja untuk rekreasi bagi orang dewasa akan menjadi undang-undang. Hal ini membuat Meksiko menjadi pasar narkoba terbesar di dunia.

Salah seorang aktivis sekaligus investor ganja, Steve DeAngelo, mengatakan Meksiko hampir menjadi pasar ganja terbesar di dunia mengalahkan Kanada dan Uruguay. Salah satu penyebabnya adalah jumlah penduduk Meksiko lebih besar.

Sejumlah kartel mendominasi perdagangan ilegal ganja di Meksiko. Lebih dari 150 ribu orang meninggal dan 80 ribu orang hilang selama perang melawan narkoba di Meksiko. Pendukung legalisasi ganja menyebutkan kebijakan itu membantu mengakhiri kekerasan karena kartel diprediksi akan beralih ke aktivitas lain.

Analis mengatakan legalisasi ganja dapat membantu keuangan negara. Analis lain menilai perlu reformasi kerangka hukum untuk mencegah penyalahgunaan. (VOA)