Gempa Bumi Magnitudo 6.6 di Banten, BNPB: 257 Rumah Rusak

maiwanews – Akibat dari gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 di yang mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sebanyak 257 unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Demikian data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sabtu (15/1) per pukul 00.25 WIB.

Rincian data kerusakan paling banyak adalah di Kabupaten Pandeglang dengan total rumah rusak berat ada sebanyak 26 unit, rusak sedang 33 unit, rusak ringan 131 unit, termasuk 10 unit sekolah, 1 puskesmas, 1 pabrik, 1 kantor pemerintahan, 1 tempat ibadah dan 1 tempat usaha.

Kabupaten Serang melaporkan 16 unit rumah rusak sedang. Kemudian di Kabupaten Lebak ada sebanyak 12 unit rumah rusak berat, 3 unit rusak sedang, 21 rusak ringan dan 3 unit bangunan sekolah. Di samping itu juga dilaporkan satu warga mengalami luka ringan terdampak gempabumi.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. mengatakan, di Kabupaten Sukabumi ada 3 unit rumah rusak sedang dan 6 unit rumah rusak ringan serta di Kabupaten Bogor terdapat 8 rumah rusak sedang.

Abdul Muhari meminta masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa. “Dihimbau juga agar masyarakat tetap tenang dan memastikan informasi resmi bersumber dari pihak yang dapat dipertanggungjawabkan,” kata Muhari dalam keterangannya, Sabtu (15/01/2022).