Gitaris Eddie Van Halen Wafat di Usia 65 Tahun

maiwanews – Eddie van Halen, meninggal dunia Selasa 6 oktober di usia 65 tahun. Gitaris legendaris dari gup band Van Halen ini sebelumnya telah lama menderita kanker. Pria kelahiran Amsterdam Belanda tahun 1955 tersebut pertama kali memastikan diagnosis kanker awalnya pada April 2001.

Putranya, Wolfgang Van Halen, di Twitter Selasa 6 Oktober mencuit “Saya tidak percaya harus menulis ini, tetapi ayah saya Edward Lodewijk Van Halen, kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker pagi ini”.

Wolfgang megatakan Eddie adalah ayah terbaik, setiap waktu mereka baik di atas panggung maupun di luar panggung sangat berharga. Dalam beberapa tahun terakhir, Wolfgang melakukan tur bersama grup Van Halen sebagai pemain bass.

Kematian Eddie Van Halen hanya berselang 10 hari setelah mantan pemain bassnya, Mark Stone, tutup usia juga karena kanker.

Van Halen adalah grup musik hard rock asal Amerika Serikat, dibentuk di Pasadena, California pada tahun 1972. Nama grup ini diambil dari dua bersaudara, gitaris Eddie Van Halen dan drummer Alex Van Halen.

Dari tahun 1974 sampai 1985, Van Halen beranggotakan Eddie Van Halen (gitar), Alex Van Halen (drum), David Lee Roth (vokal), dan Michael Anthony (bass).

Tahun 1985, Roth meninggalkan band untuk memulai karir solonya dan digantikan oleh mantan vokalis Montrose Sammy Hagar. Hagar meninggalkan band pada tahun 1996 tak lama sebelum merilis koleksi hits terbesar pertama band, “Best Of – Volume I”.

Mantan vokalis Extreme Gary Cherone menggantikan Hagar dan merekam album Van Halen III pada tahun 1998, sebelum berpisah pada 1999. Van Halen kemudian vakum hingga Hagar kembali bergabung pada 2003 untuk tur dunia pada 2004. Hagar kembali meninggalkan Van Halen pada tahun 2005. Pada tahun 2006, Roth kembali sebagai vokalis utama dan gitar bass Anthony digantikan oleh Wolfgang Van Halen, putra Eddie. Pada 2012, band ini merilis “A Different Kind of Truth”. (VOA/ps/pp + Wikipedia)