Grossi Sebut Hubungan Iran-IAEA Permanen dan Berkelanjutan

20211112-rafael-mariano-grossi-02
Direktur Jenderal IAEA, Rafael Mariano Grossi, memberi pengarahan kepada pers. Wina Austria, Jumat 12 November 2021.

maiwanews – Rafael Grossi menilai pembicaraannya dengan para pejabat Iran di Teheran sangat konstruktif. Hubungan antara kedua belah pihak bersifat permanen dan berkelanjutan.

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA) tersebut mengaku telah melakukan diskusi, pembicaraan, dan negosiasi panjang dengan para pejabat Iran. Hal itu disampaikan kepada media Iran Press TV dalam sebuah wawancara pada hari Selasa (23/11/2021).

Grossi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan kepala Organisasi Energi Atom Iran, Mohammad Eslami selama kunjungannya di Iran sejauh ini. Menurut Grossi, ia dan pejaat-paejabat Iran itu mendiskusikan sejumlah masalah penting di tingkat teknis.

Ketika ditanya tentang program senjata nulkir Amerika Serikat, Grossi menjelaskan bahwa mandat IAEA adalah mandat non-proliferasi bukan mandat perlucutan senjata. Lembaga tersebut tidak memiliki kompetensi dalam hal keputusan politik suatu negara untuk tetap atau menarik diri dari perjanjian tersebut. (*)