Gubernur Sulsel Usul 10.385 Guru Honorer Jadi PPPK

maiwanews – Besarnya komitmen Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang peduli terhadap guru honorer diakui mantan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim.

Ramli mengungkapkan, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman berpikir lebih maju, dengan menjadikan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) ini sebagai kesempatan memperjelas status dan pendapatan guru di Sulsel dan juga harapan akan karier guru. “Alhamdulillah, bapak Andi Sudirman Sulaiman berpikir lebih maju,” ucap Ramli. Karena PPPK akan menjadi jalan untuk guru memiliki kepastian status meskipun periodik, kepastian pendapatan dan memiliki harapan karier.

Ia memjelaskan, beberapa daerah tidak berani mengajukan formasi PPPK karena khawatir menjadi beban keuangan daerah, tetapi mereka tetap ingin menggunakan tenaga dan pikiran sang guru, ini menunjukkan rendahnya perhatian kepala daerahnya terhadap guru.

Di tahun 2022 Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan, telah mengusulkan kuota terbesar untuk formasi guru dengan formasi PPPK sebanyak 10.587, meliputi jabatan fungsional kesehatan sebanyak 29 formasi, jabatan fungsional guru sebanyak 10.385 formasi, jabatan fungsional teknis sebanyak 173 formasi. Sementara tahun ini yang ditetapkan lolos seleksi dari Formasi PPPK Guru Tahun 2021 Pemprov Sulsel yakni sebanyak 3.432 orang dari 8.350 formasi yang dibuka dan sebagian besar yang menjadi PPPK itu adalah honorer guru yang telah lama mengabdi.

Atas usulan tersebut Gubernur Andi Sudirman, menerima penghargaan sebagai wujud komitmen menjadi pengusul kuota guru terbesar di Indonesia sesuai kebutuhan tahun 2022. Yang diserahkan langsung Menpan RB, Azwar Anas, kepada Gubernur Andi Sudirman, pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2022 dan penyerahan Surat Keputusan Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (13/09/2022).
“Atas kesungguhan dan niat baik Gubernur Sulsel, tentu saja patut diapreseasi dan guru-guru, anak didik serta orang tua siswa patut berterima kasih kepada beliau,” pungkas Ramli. (i)