Gubernur Sulsel: Mewujudkan Bandara Toraja Perlu Kerja Keras

maiwanews – Untuk mewujudkan band udara (bandara) Buntuk Kunik Toraja butuh kerja keras dan perjuangan panjang. Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah Rabu 30 September saat memimpin rapat persiapan peresmian bandara tersebut.

Kerja keras dan perjuangan dibutuhkan baik dari pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pemerintah pusat. Gubernur Nurdin mengatakan keberadaan Bandara Buntuk Kunik bisa terwujud berkat perjuangan dan doa serta optimisme semua pihak sehingga bandara itu bis adimanfaatnkan.

Mengenai kendala, Gubernur Nurdin mengungkapkan jumlah penumpang masih kurang baik dari Makassar maupun dari Toraja. Ia berharap bandara tersebut dapat melayani penerbangan setiap hari. Hal ini telah dibicarakan dengan kepala bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Mengenai pengembangan, direncanakan dilakukan penambahan panjang landasan. Jika panjang landasan memadai, akan dapat melayani pesawat jenis Boeing 373, dengan rute penerbangan langsung dari Bali-Toraja, Jogja-Toraja, dan tujuan lainnya.

Gubernur Nurdin juga menyampaikan dalam waktu dekat Menteri Perhubungan (Menhub) akan berkunjung ke bandara Buntu Kunik Toraja. Menhub juga dikatakan ingin menjadikan bandara Toraja sebagai bandara internasional. (Pemprov Sulsel/Humas)