Gunung Sinabung Sumut Erupsi Sebanyak 3 Kali

maiwanews – Gunung Sinabung mengalami erupsi sebanyak tiga kali, Kamis 13 Agustus. Pejabat berwenang meminta warga sekitar untuk segera menjauhi area tersebut. Masyarakat di dekat sungai berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara, Natanail Perangin-angin mengatakan beberapa warga tidak mengindahkan himbauan petugas, mereka tetap melakukan kegiatan di zona merah Gunung Sinabung. Padahal pihaknya telah mengimbau agar masyarakat menghentikan aktivitas dan menjauhi zona merah.

Kamis 13 Mei Natanail mengatakan kepada VoA bahwa kemarin pihaknya telah melakukan patroli dan menghimbau warga di zona merah warga agar segera keluar atau tidak mendekat. Menurut Natanail, sebagian warga tetap beraktivitas di zona merah karena daerah itu terdapat perladangan. Pertanian milik warga rata-rata berada di zona merah dengan radius lima sampai tujuh kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Walaupun sudah diberikan penanganan dalam bentuk sewa rumah dan lahan, tapi masih ada warga menanami lahan pertaniannya. Kegiatan bertani warga dilakukan karena sejak Juni 2019 erupsi Gunung Sinabung sudah berhenti dan kemarin baru terjadi lagi. (VoA/aa/em)