Guspardi Gaus: Pilkada Serentak Desember 2020 Tidak Ditunda

maiwanews – Wacana penundaan Pilkada serentak menyusul peningkatan jumlah kasus baru COVID-19 ditepis oleh salah seorang anggota DPR, Guspardi Gaus. Dalam pernyataan persnya Selasa 4 Agustus dia mengatakan keputusan itu sudah final dan tidak ada keraguan mengenai tanggal pelaksanaannya.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 tidak mengalami pengunduran. Penetapannya telah melewati proses pembahasan dan pengkajian mendalam dari para pemangku kebijakan. Penetapan itu juga telah diputuskan melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada. Regulasi itu telah disahkan pada 17 Juli 2020 menjadi Undang-undang.

Peraturan itu berisi penundaan Pilkada dari jadwal sebelumnya yaitu 23 September menjadi 9 Desember akibat merebaknya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengemukakan, perubahan jadwal hanya dimungkinkan bila terjadi kondisi luar biasa, sangat kecil kemungkinannya untuk diundur ke tahun 2021. Itupun tentu melalui pembicaraan antara pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jika tidak ada hal luar biasa, Pilkada serentak tetap dilaksanakan tahun ini karena tidak kepastian kapan COVID-19 akan berakhir. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga telah menyampaikan ada 49 negara menjadwalkan pemilihan umum (pemilu) tahun 2020, mereka tidak menunda menjadi 2021. (DPR/dep/es)