Hakim Tolak Gugatan Antimonopoli Terhadap Facebook

maiwanews – Hakim federal Amerika Serikat (AS) Senin 28 Juni menolak gugatan antimonopoli terhadap Facebook. Hakim distrik James Boasberg tersebut memutuskan gugatan tidak memadai dan tidak cukup materi untuk membuktikan bahwa raksasa teknologi itu melakukan tindakan monopoli.

Gugatan diajuan oleh Komisi Perdagangan Federal (Federal Trade Commission/FTC) bersama sebuah koalisi para jaksa negara bagian mengajukan gugatan terhadap Facebook Inc Rabu 9 Desember lalu. Mereka menuduh Facebook menyalahgunakan pasar dan menghancurkan pesaing lebih kecil.

FTC beserta 48 negara bagian dan distrik ingin agar pengadilan memutuskan antara lain adalah mewajibkan Facebook melakukan divestasi aset, termasuk Instagram dan WhatsApp. Koalisi itu juga menuntut agar akuisisi Facebook terhadap Instagram dan WhatsApp dinyatakan ilegal.

Jaksa Agung New York, Letitia James, mengatakan Facebook menggunakan dominasi dan kekuatan monopoli dalam menghadapi pesaingnya. Facebook dituding mengambil alih saingannya sebelum pesaing menjadi ancaman bagi dominasi Facebook. (z/VOA)