Hemmingen, Situs Rahasia Pengembangan Mobil SUV Porsche

20220630-situs-porsche-hemmingen-pub30jun2022
Situs Porsche di Kota Hemmingen, Jerman. (Foto: Porsche AG)

maiwanews – Berbeda dengan semua model Porsche lainnya, Cayenne terutama dikembangkan di sebuah kota kecil bernama Hemmingtonbukan di Weissach. Dengan populasi 8.000, kota ini berada di antara Pusat Pengembangan Weissach dengan markas besar di Zuffenhausen.

Hemmingen adalah rumah bagi fasilitas pengembangan Porsche seluas 3.800 meter persegi, merupakan bekas pabrik perakitan komputer. Pada tahun 1997, tim baru pindah ke lokasi ini. Tim ini merupakan kolaborasi dua merek besar, terdiri dari 260 insinyur dari Porsche dan 40 dari Volkswagen.

Tempat ini terbilang rahasia, tidak banyak orang tahu aktifitas di sini.Kepala lini produk saat itu, Klaus-Gerhard Wolpert, menginstruksikan agar pengendara Porsche bisa memarkir mobilnya di garasi tertutup. Sedang mobil pesaing parkir di area terbuka dan mudah terlihat.

Bangunan tiga lantai juga diamankan agar tidak mencolok, jendela kantor dicerminkan dan seluruh lahan dikelilingi oleh pagar. Penjaga keamanan mendaftarkan setiap pengunjung, mereka kemudian harus dikonfirmasi oleh kontak Porsche mereka. Tidak seorangpun diizinkan untuk menjelajahi situs Hemmingen tanpa pengawasan.

Hemmingen adalah situs dari dua inovasi inovatif Porsche, dikembangkan di bawah kerahasiaan paling ketat pada saat bersamaan. Kedua inovasi ini adalah SUV (Sport Utility Vehicle) pertama dari Porsche, dan sistem kerja baru, sistem kerja ini dikenal sebagai prinsip lini produk.

Lini produk mengoordinasikan keluarga kendaraan selama seluruh siklus hidupnya, mulai dari konsep, pengembangan, produksi, penjualan, dan dukungan produksi, hingga akhir produksi. Setiap lini produk beroperasi seperti perusahaan dalam perusahaan, dan setiap laporan langsung kepada ketua dewan eksekutif.

“Lini produk Cayenne dijalankan seperti perusahaan dengan sendirinya”, kata Klaus-Gerhard Wolpert sebagaimana disampaikan Ben Weinberger,
Juru bicara Macan, Cayenne, dan Panamera, Kamis (30/06/2022). Bos Wolpert satu-satunya saat itu adalah Wendelin Wiedeking.

Wolpert menggambarkan bosnya sebagai orang baik, sangat efisien, dan sekaligus fleksibel. Sistem ini dengan cepat ditiru di tempat lain, mengikuti keberhasilan uji coba oleh tim Cayenne di Hemmingen. Prinsip lini produk juga diperkenalkan untuk model mobil sport Carrera dan Boxster pada Mei 1999.

Ketika awal keputusan terkait pengembangan di Hemmingen dibuat, banyak pihak bersikap skeptis (kurang percaya/ragu). Bukan hanya beberapa klub Porsche dan penggemar 911, tetapi banyak orang di dalam perusahaan.

Di setiap level, mulai dari pekerja jalur perakitan hingga kepala departemen, ada saja karyawan berpandangan kritis tentang keputusan strategis perusahaan, kenang Wolpert.

Namun pada waktunya, sikap mulai berubah. Cayenne menjadi keberhasilan terobosan dan sekarang menjadi bagian sangat diperlukan dari keluarga model Porsche. Keuntungan dari cara kerja otonom bekerja di situs Hemmingen telah lama berakar di seluruh perusahaan.

“Kami jauh di depan waktu kami saat itu”, kata Oliver Laqua, anggota tim sebagai insinyur konsep muda pada tahun 1998 dan hari ini menjabat sebagai manajer proyek kendaraan secara keseluruhan untuk Cayenne.

Hari ini, lokasi Hemmingen sekali lagi merupakan situs proyek inovatif untuk Porsche. Sekitar 700 karyawan dari lini produk Macan saat ini mengembangkan SUV all-elektric di sana. Tim Cayenne kemudian pindah ke Pusat Pengembangan Weissach pada tahun 2019. (jup)