Honda Akhiri Partisipasi di Kejuaraan Dunia F1 FIA

maiwanews – Honda Motor Co., Ltd. Jumat 2 Oktober mengumumkan telah memutuskan untuk mengakhiri partisipasinya dalam Kejuaraan Dunia FIA (Federation Internationale de l’Automobile) Formula Satu (F1) sebagai pemasok unit tenaga di akhir musim 2021.

Pada 2015, Honda berkompetisi di F1, seri balap mobil paling bergengsi di dunia, dengan tujuan untuk menang menggunakan teknologi manajemen energinya sendiri. Awalnya, Honda mengalami sejumlah kesulitan, namun dengan menunjukkan kekuatan kolektif All Honda, termasuk penggunaan teknologi mesin pesawatnya, Honda telah merealisasikan tingkat daya saing tinggi.

Selain itu, sebagai hasil dari pertumbuhan Honda bersama dengan Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri di bawah kemitraan kuat dengan kedua tim, Honda mampu mencapai tujuannya dengan tiga kemenangan musim lalu dan dua kemenangan sejauh ini di musim 2020.

Namun karena industri otomotif mengalami periode transformasi sangat besar dalam seratus tahun, Honda telah memutuskan untuk mengupayakan realisasi netralitas karbon pada tahun 2050. Tujuan ini akan dikejar sebagai bagian dari inisiatif lingkungan Honda sebagai salah satu prioritas utama Honda selaku produsen mobilitas.

Untuk mencapai tujuan ini, Honda perlu menyalurkan sumber daya perusahaannya dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi masa depan, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV), ini akan menjadi inti dari produk teknologi bebas karbon.

Sebagai bagian dari langkah ini, pada bulan April tahun ini, Honda membuat Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy. Honda akan fokus pada realisasi netralitas karbon di masa depan. Untuk itu, Honda memutuskan untuk menghentikan partisipasinya di F1. (Honda)