Indonesia Dapat Komitmen Pengadaan 290 Juta Vaksin COVID-19

maiwanews – Indonesia mendapatkan komitmen pengiriman vaksin COVID-19 untuk 290 juta dosis hingga 2021. Untuk akhir tahun 2020 diperoleh komitmen sebanyak 20 hingga 30 juta dosis. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo Senin 24 Agustus di Istana Merdeka Jakarta saat memimpin rapat terbatas terkait laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Komitmen pengadaan vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) diperoleh setelah sebelumnya terjadi kesepakatan awal antara pemerintah melalui Bio Farma dengan para mitra, ditambah kapasitas produksi sendiri milik Bio Farma. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan komitmen 290 juta dosis vaksin corona merupakan berita bagus.

Selain komitmen tersebut, Indonesia juga memiliki kandidat vaksin hasil pengembangan sendiri, vaksin bernama Merah Putih itu sedang dikembangkan oleh institusi riset dalam negeri.

Vaksin Merah Putih jika berhasil nantinya akan diproduksi massal, jika produksinya melebihi kebutuhan dalam negeri, maka akan dijual ke negara lain. Untuk wilayah ASEAN saja Presiden Jokowi mengaku belum melihat ada negara siap dengan vaksin sebanyak itu.

Sebelum vaksin ditemukan, Presiden Jokowi mengingatkan jajarannya dan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Itu merupakan upaya utama untuk mencegah penularan COVID-19. (Kemensetneg)