Indonesia Janji Bantu 2,3 Juta USD Atasi COVID-19 di Palestina

maiwanews – Pemerintah Indonesia berjanji memberi bantuan senilai US$2,3 juta atau setara dengan Rp32 miliar kepada pmemerintah Palestina. Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menyampaikan hal itu kepada Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki.

Komitmen bantuan untuk mengatasi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) di Palestina tersebut disampaikan Menlu Retno kepada Menlu Riyad saat keduanya betemu di wilayah Laut Mati, Yordania, Rabu 10 Februari.

Pemberian bantuan dilakukan melalui beberapa mekanisme, bilateral, UNRWA, dan ICRC (Palang Merah Internasional). Saat ini masing-masing pihak sedang membangun komunikasi dengan harapan bantuan dapat segera dikirim paada smester pertama tahun ini.

Selain janji memberi bantuan ke Palestina, Pemerintah Indonesia juga menekankan agar diupayakan perdamaian Palestina dengan Israel. Pada pertemuan itu Menlu Retno menegaskan posisi prinsipil Indonesia di Palestina tidak berubah.

Menlu Retno dalam akun Twitternya Rabu 10 Februari mengatakan “Kami juga membahas hasil Pertemuan Liga Arab dan Dialog Nasional Palestina di Kairo baru-baru ini, perlunya memulai kembali perundingan damai, pentingnya persatuan Palestina, dan komitmen Indonesia untuk mendukung Palestina”. (VOA/Kemlu)