Indonesia Terima Bantuan Hibah 500 Ventilator dari AS

maiwanews – Pemerintah Indonesia menerima bantuan 500 ventilator dari Amerika Serikat. Ventilator itu bertipe LTV 2200 series, diberikan lengkap dengan aksesorisnya. Ini merupakan bantuan tahap kedua dari total 1.000 ventilator hibah Pemerintah Amerika Serikat.

Serah terima dilakukan secara simbolis oleh Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Heather Variava kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didampingi Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi dan Gubernur Daerak Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan di Terminal Selatan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Minggu 30 Agustus.

Setelah diterima Menhan Prabowo, ventilator kemudian diserahkan kepada perwakilan dari Kemenkes. Pada kesempatan itu juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes kemudian menyerahkan secara simbolis ventilator kepada Gubernur (Gub) DKI Anies Baswedan sesuai alokasinya.

Selain Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ventilator juga akan didistribusikan ke Rumah Sakit sesuai kebutuhan dan jumlah kasus COVID-19 di seluruh Provinsi.

Bantuan dalam bentuk hibah ini merupakan komitmen Amerika Serikat dalam upaya membantu penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia. Dengan adanya bantuan ventilator ini diharapan Indonesia mendapatkan fleksibilitas dalam perawatan pasien COVID-19.

Menhan Prabowo pada ksempatan itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi Pemerintah AS. Hal ini juga membuktikan hubungan bilateral kedua negara berjalan baik. (Kemenkes)