Iran Bantah Ada Negosiasi dengan Inggris Terkait Zaghari

maiwanews – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran membantah laporan bahwa Teheran dan London terlibat dalam negosiasi hukum tentang pembebasan Nazanin Zaghari. Zaghaiadalahseorang warga negara ganda Iran-Inggris, ia dipenjara atas tuduhan spionase.

Ditanya oleh wartawan tentang komentar dari pejabat Inggris tentang kelanjutan pembicaraan hukum tentang pembebasan Zaghari, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin 3 Mei, “Negosiasi hukum tidak terjadi antara kedua negara”.

Komentar muncul setelah laporan media mengklaim bahwa Iran dan Inggris telah mengadakan pembicaraan keamanan karena pemerintah London akan segera melepaskan £ 400 juta dalam aset Iran sebagai pertukaran untuk pembebasan Zaghari. Aset tersebut tadinya dibekukan.

Inggris diperkirakan memiliki kewajiban sebanyak £ 400 juta kepada pemerintah Iran, hal itu timbul karena tidak terkirimnya tank Chieftain sebagaimana diperintahkan oleh rezim Iran sebelum Revolusi Islam 1979. (Tasnim)