Iran, China, Rusia Gelar Pertemuan Tripartit tentang JCPOA

maiwanews – Para ketua delegasi dari Iran, Rusia, dan China mengadakan pertemuan di Austria untuk membahas negosiasi tentang kebangkitan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

Duta Besar Iran untuk PBB Kazem Gharibabadi mengumumkan berita tentang pertemuan trilateral itu dalam sebuah postingan di akun Twitter-nya Senin 31 Mei. “Para pimpinan delegasi membahas dan mengkaji isu-isu terkait perundingan JCPOA yang sedang berlangsung”, ujarnya.

Putaran terakhir negosiasi JCPOA dimulai pada 6 April, membahas potensi revitalisasi kesepakatan nuklir dan kemungkinan Amerika Serikat (AS) akan kembali ke kesepakatan itu.

JCPOA atau kesepakatan nuklir Iran mencabut sanksi terhadap Iran, namun AS meninggalkan JCPOA pada 2018 dan memulihkan sanksi ekonomi. Teheran membalas dengan langkah-langkah perbaikan nuklir berdasarkan Paragraf 36 JCPOA.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan pada hari Senin 31 Mei bahwa negosiasi saat ini di Wina bisa menjadi putaran terakhir pembicaraan jika masalah utama ditangani.

Juru bicara juga mencatat bahwa negosiasi JCPOA telah mencapai kemajuan dalam tiga kelompok kerja, menangani masalah nuklir, pencabutan sanksi, dan pengaturan implementasi JCPOA, menambahkan bahwa pembicaraan telah mencapai tahap penyelesaian masalah utama. (Tasnimnews)