Iran China Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama 25 Tahun

maiwanews – Teheran dan Beijing akan menandatangani perjanjian kerjasama 25 tahun pada hari Sabtu 27 Maret, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, Jumat 26 Maret kepada IRIB.

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi mengunjungi ibu kota Iran pada peringatan 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat senior dan menandatangani dokumen tersebut.

Dokumen kerja sama dibahas pada 2015 selama kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Iran untuk membawa hubungan bilateral ke tingkat kelengkapan dan kepentingan strategis baru.

“Hubungan antara Iran dan China itu berlapis-lapis, dalam, dan multidimensi, dan ini mengharuskan mereka untuk dimasukkan ke dalam sebuah dokumen”, kata Khatibzadeh. Ia menambahkan perjanjian antara kedua negara sudah berkali-kali dipertukarkan, dan akhirnya akan ditandatangani Menlu pada Sabtu.

Diplomat top China itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif selama berada di Teheran. (Tasnim)