Iran dan Irak akan tandatangani Kesepakatan Kerja Sama Militer

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal (Mayjen) Mohammad Hossein Baqeri mengungkapkan rencana penandatanganan perjanjian dengan Irak tentang kerja sama militer dan pertahanan.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan dengan menteri pertahanan Irak di Teheran pada hari Minggu 15 November, Mayor Jenderal Baqeri mengatakan Teheran dan Baghdad telah menyusun dokumen tentang kerja sama militer, dokumen itu sedang diselesaikan dan akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Irak Letnan Jenderal Juma Anad Saadoun, komandan tertinggi Iran mengatakan mereka telah membahas berbagai topik berkaitan dengan industri pertahanan, keamanan perbatasan bersama, pertukaran pengalaman, program pelatihan, dan mengadakan latihan militer bersama.

Menyoroti dukungan Iran untuk keamanan Irak dan pertempurannya dalam beberapa tahun terakhir, Baqeri mengatakan kerja sama semacam itu akan memperkuat keamanan Irak.

Dia juga memberikan jaminan bahwa Angkatan Bersenjata Iran akan terus mendukung “saudara-saudara Irak” di bidang pelatihan, operasional dan penasehat bila diperlukan. (Tasnim)