Iran dan Turki Bahas Perkembangan Palestina

maiwanews – alam percakapan telepon Senin 10 Mei, Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif dan mitranya dari Turki Menlu Mevlut Cavusoglu membahas perkembangan terbaru di Yerusalem al-Quds.

Kedua diplomat senior sepakat bahwa, jika Dewan Keamanan PBB gagal membuat keputusan efektif terhadap tindakan agresi rezim Zionis, Iran dan Turki akan mengejar masalah tersebut dalam kerangka Majelis Umum PBB atau dengan mengadakan pertemuan eksekutif luar biasa pada Komite Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Zarif dan Cavusoglu juga menekankan perlunya konsultasi erat antara Teheran dan Ankara dalam hal ini, menurut situs web Kementerian Luar Negeri Iran.

Ketegangan meningkat di Yerusalem, Tepi Barat dan Gaza sepanjang bulan suci Ramadhan, di tengah meningkatnya kemarahan tentang potensi pengusiran paksa keluarga Palestina di Sheikh Jarrah.

Setidaknya 90 warga Palestina terluka pada hari Sabtu selama tindakan keras polisi Israel terhadap pengunjuk rasa di luar Kota Tua Yerusalem al-Quds, sementara 200 warga Palestina lainnya terluka pada hari Jumat ketika pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa.

Pasukan Israel telah menggunakan gas air mata, peluru berlapis karet, dan granat kejut untuk membubarkan aksi duduk sebagai bentuk dukungan terhadap keluarga korban penggusuran di lingkungan Sheikh Jarrah. (Tasnim)