Iran Desak Solusi Negosiasi Turki-Suriah

pemuda-dan-bendera-suriah-20170718
Seorang pemuda membawa bendera Suriah.

maiwanews – Iran mendesak solusi melalui jalan negosiasi untuk memperbaiki hubungan bilateral Turki-Suriah. Menyerukan upaya bersama untuk memastikan stabilitas dan ketenangan di kawasan.

Menlu (Menteri Luar Negeri) Iran, Hossein Amirabdollahian, menegaskan kembali perlunya Turki dan Suriah untuk menyelesaikan masalah mereka secara politik.

Desakan ini disampaikan Menlu Hossein Amirabdollahian dalam lawatannya ke Ankara, Turki, hari Selasa (17/01/2023) waktu setempat, sebagaimana dilaporkan Tasnim News Agency, Rabu (18/01/2023).

Menlu Amirabdollahian Menegaskan kembali kebijakan Iran untuk mendukung pemulihan perdamaian dan stabilitas di kawasan dan antara negara-negara tetangga. Ia mengatakan, perselisihan antara Turki dan Suriah hanya dapat diselesaikan melalui jalur politik.

Dalam pertemuan dengan rekannya, Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu, juga dibahas hubungan antara kedua negara serta perkembangan utama regional dan internasional.

Menlu Amirabdollahian menggambarkan hubungan kedua negara di berbagai bidang sebagai hal penting. Dia juga merujuk pada pertukaran delegasi tingkat tinggi antara kedua negara bertetangga, menekankan perlunya mempromosikan kerja sama dalam kerangka komisi bersama dan dewan tinggi hubungan bilateral.

Menlu Cavusoglu dalam pertemuan tersebut menggambarkan hubungan antara negaranya dan Iran sebagai positif dan mencatat bahwa kerja sama mereka harus ditingkatkan mengingat tekad pejabat tinggi Iran dan Turki, situs web Kementerian Luar Negeri Iran melaporkan.

Pertukaran delegasi tingkat tinggi antara Teheran dan Ankara dikatakan membuka jalan bagi kerja sama lebih erat. Menlu Cavusoglu juga menguraikan pandangan Turki tentang perkembangan regional di Kaukasus dan Suriah serta kerja sama Teheran-Ankara. (z)