Iran Irak Sepakat Perluas hubungan Politik dan Ekonomi

20210912-ebrahim-raisi-mustafa-al-kadhimi
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi di Teheran. Minggu 12 September 2021.

maiwanews – Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi di Teheran Minggu 12 September mengumumkan rencana untuk meningkatkan hubungan antara kedua tetangga di berbagai bidang. Pernyataan dalam konferensi pers dalam konferensi pers bersama disampaikan saat perdana menteri Irak berkunjung ke Iran.

Presiden Ebrahim Raisi dalam konferensi pers bersama itu menyampikan pujian atas kerjasama kedua negara dalam bidang politik, ekonomi,dan budaya. Kedua negara disebut memiliki pengaruh di kawasan dan dunia.

Menunjuk pada negosiasi tentang interaksi keuangan dan moneter antara Iran dan Irak, Presiden Raisi mengatakan kedua pihak telah mempertimbangkan rencana untuk pengembangan koridor kereta api dan penyelesaian rute kereta api menghubungkan Shalamcheh di Iran ke Basra di Irak.

Dia juga mengatakan bahwa perdana menteri Irak telah memberikan kabar baik tentang penghapusan pembatasan visa bagi para pelancong Iran dan telah berjanji untuk memungkinkan jumlah maksimum peziarah Iran untuk mengunjungi Irak selama musim Arbain.

Perdana Menteri (PM) al-Kadhimi mengatakan serangkaian masalah kepentingan bersama telah dibahas dalam pertemuan dengan presiden Iran. Hubungan antara Baghdad dengan Teheran jauh lebih dekat daripada dua tetangga dengan 1.400 km perbatasan bersama, mengatakan mereka telah membentuk ikatan agama dan budaya secara erat.

PM al-Kadhimi memaparkan negosiasi untuk melaksanakan proyek ekonomi bersama, termasuk kereta api Basra-Shalamcheh, dengan mengatakan kedua negara juga telah berbicara tentang peningkatan kerja sama perdagangan. Pemerintah Irak memiliki kebijakan konsisten dan stabil terhadap Teheran dan akan mendukung pemerintah dan bangsa Iran dalam segala keadaan. Dia juga memuji Iran atas upayanya untuk mendorong dialog. (z/Tasnim News Agency)