Iran Latihan Militer Tahunan dekat Selat Hormuz

maiwanews – Iran menggelar latihan militer dekat Selat Hormuz Kamis 10 September, laporan televisi pemerintah. Latihan itu merupakan agenda tahunan Angkatan Laut Iran. Latihan di Teluk Oman itu direncakan berlangsung selama tiga hari.

Selain Angkatan Laut (AL), unit-unit Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Udara (AU) juga ikut terlibat. Sejumlah kapal selam dan pesawat tanpa awak (drone) digunakan dalam latihan militer tahunan Angkatan Laut (Zolfaghar-99).

Komandan latihan tahunan Laksamana Habibollah Sayyari sehari sebelumnya mengatakan latihan perang itu ditujukan untuk meningkatkan kesiapan dalam menghadapi ancaman-ancaman asing dan kemungkinan terjadinya invasi.

Angkatan Laut Iran menangani operasi-operasi di Teluk Oman, bagian timur Selat Hormuz, area ini menjadi lalu lintas utama kapal-kapal pengangkut minyak. Sepanjang tahun 2018, di kawasan dekat Selat Hormuz sering terjadi insiden dimana militer Iran ikut terlibat. Insiden-insiden itu banyak menarget kapal-kapal tangki minyak.

Agustus lalu, dekat Selat Hormuz, Angkatan Laut Iran mencegat dan menahan sementara sebuah kapal tangki minyak berbendera Liberia.

Bulan Juli silam, Divisi Angkatan Laut pasukan paramiliter Garda Revolusi, menembakkan sebuah misil dari helikopter menarget replika kapal induk Amerika Serikat di selat Hormuz. Latihan perang ini merupakan ajang unjuk kekuatan menyusul meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Washington. (VoA/ab/uh)